Pages

Tips Menetap di Dublin

Selasa, 18 Oktober 2011

Sudah 2 tahun saya mengecap kehidupan di Dublin. Suka-duka, dari yang normal sampe yang gila sudah pernah saya saksikan. Anyway, saat ini saya bukan mau menceritakan suka-duka saya tinggal di Dublin atau hal-hal gila yang pernah saya saksikan.. *gubrak :p Sekarang saya hanya mau berbagi soal tips kecil tinggal di Dublin.. :)

  1. Cuaca di Dublin tergolong unpredictable, namun lebih sering hujan disertai angin kencang. Hujannya bukan hujan lebat berhalilintar seperti di Indonesia yang cuma berlangsung maksimal 2-3 jam, tapi hujan gerimis yang bisa bertahan seharian penuh! Anginnya.. ckckck.. bener-bener dahsyat! So, tips dari saya, lebih baik gunakan jas hujan daripada payung. Mengapa? Angin di sini dijamin ampuh buat ngerusakin payung-payung kamu. Saya sendiri pengalaman beli payung sudah 3 kali, dan tiga-tiganya langsung rusak di pemakaian pertama atau kedua.. :P *tapi tetep kekeuh pake payung, sampe 3 kali ganti.. kalau belum 3 kali kayanya kok belum pasti gitu.. :P
     
  2. Sarana transportasi umum di sini dapat dikatakan teratur dan nyaman. Ada beberapa pilihan: bis (http://www.dublinbus.ie/), tram (http://www.luas.ie/), dan kereta (http://www.irishrail.ie). Untuk bis, ada dua alternatif cara bayar ongkos. Pertama, pake koin dan kalau bisa harus pas jumlahnya. Mengapa? Karena mesin di dalam Dublin bus hanya menerima koin (uang kertas gak bakal bisa). Kalau koin yang dibayarkan bukan uang pas, kamu tidak akan menerima kembalian dalam bentuk uang, melainkan secarik kertas bertuliskan nominal kembalian (Gambar 1). Kertas ini bisa dicairkan menjadi uang dengan membawanya ke kantor Dublin bus. Males banget kan? So, tips dari saya, selalu sediakan uang koin di saku anda.. kalau bisa uang koin dengan berbagai nominal, jadi bisa bayar pakai uang pas saat naik bis.. :)
     
  3. Gambar 1Gambar 2
  4. Masih melanjutkan poin no.2, ada cara yang lebih efisien jika kamu sering bepergian dengan bis, yakni membeli rambler ticket (Gambar 2). Ada 3 jenis tiket tergantung durasi validnya tiket: 1-day, 5-day, & 30-day ticket. Perlu diketahui bahwa 5 dan 30 hari yang tercantum di tiket tidak konsekutif/berurutan. Jadi, kamu bisa pakai tiket tersebut kapan saja sebanyak jumlah hari yang tercantum di tiket. Dan ini yang paling OK.. setiap 1 harinya, kamu bisa naik bis berapa kali pun dan tetap di-charge seharga 1 hari.. mau naik turun bis beratus-ratus kali bolak-balik Dublin utara-selatan, timur-barat sampe kaki gempor plus muntah-muntah juga boleh.. :P Harga tetep sama!! Isn't that great? :) Even greater for students! Ada harga diskon buat pelajar.. ;) Caranya cukup menunjukkan student travel card (info klik di sini) saat membeli tiket. Pokoknya, pake rambler ticket jauh lebih hemat deh! ^^
     
  5. Masih tentang transportasi umum.. Jika berminat naik tram, atau di sini biasa disebut "luas", tiketnya bisa dibeli di mesin yang ada di setiap stasiun. Kalau yang ini bisa menerima koin atau uang kertas, uang pas atau tidak gak masalah. Walaupun pemeriksaan tiket kadang-kadang saja dilakukan di dalam tram, tapi kamu harus tetep beli tiket sebelum naik loh.. Soalnya kalau ketangkep gak punya tiket saat pemeriksaan, kamu bisa didenda 50 Euro! Sedangkan harga tiket cuma sekitar 2-5 Euro.. mending beli tiket kan?? Lagipula, tidak baik menggunakan fasilitas umum secara curang, gak jujur itu namanya! *anak kecil juga tau.. :D So, tips dari saya, selalu beli tiket sebelum menaiki sarana transportasi apapun, walaupun jarang diperiksa sama petugasnya.. :P
     
  6. Untuk muslim, ada 2 masjid besar di Dublin. Islamic Foundation of Ireland (IFI) yang beralamat di 163 South Circular Road, Dublin 8, dan The Islamic Cultural Centre of Ireland (ICCI) yang beralamat di 19 Roebuck Road, Clonskeagh, Dublin 14. Jika ingin tahu lebih banyak tentang kedua masjid tersebut, bisa dilihat di situs ini.
     
  7. Masih untuk muslim, daging-daging halal bisa dibeli di toko-toko Pakistan/Arab berikut ini:
    • Toko bahan kebutuhan sehari-hari yang berlokasi di dalam area ICCI
    • Asia Food & Co di Henry Street, city centre
    • Medina di Parnell Street, city centre

  8. Tips bagi yang berhijab, tetap selalu kenakan hijabmu walaupun menetap di Dublin.. Jangan dilepas karena alasan takut akan diskriminasi ya... Walaupun Ireland adalah negara Katolik, tapi warganya sangat open minded.. Irish people are well known for their hospitality.. Mereka terkenal sebagai orang paling ramah di Eropa.. dan saya sangat setuju.. :) *sebenarnya jangan sampai alasan apapun membuat kamu melepas hijabmu.. tetap istiqomah.. Allah is always by your side.. :)
     
  9. Setiap berbelanja, jangan lupa untuk selalu membawa tas atau kantong plastik belanjaan sendiri. Di Ireland, kantong plastik belanjaan tidak gratis.. kamu harus bayar 22 cents per kantong. Ini usaha yang bagus sekali untuk mengurangi jumlah sampah plastik, yang notabene memerlukan waktu sangat lama untuk terurai secara alami. Intinya, reuse kantong-kantong atau tas-tas belanjaan yang kamu punya demi kelestarian lingkungan.. :)
     
  10. Jangan berjalan sendiri di daerah O'Connol Street (city centre) di atas jam 11 malam karena sangat berbahaya, khususnya bagi wanita. Banyak orang mabok minuman dan obat berkeluyuran di sana.
     
  11. Jika kamu terbiasa mengendarai mobil pribadi, perlu diingat bahwa jalanan di Dublin, di beberapa area (khususnya city centre), terbagi menjadi dua: jalan khusus bis atau jalan umum yang bisa dilewati kendaraan apapun. Selain itu, kadang-kadang ada peralihan jalan di beberapa titik untuk mengatasi kemacetan atau karena ada acara tertentu. So, always be aware of the traffic signs while you're driving!
     
  12. Dalam memilih akomodasi atau tempat tinggal, pilihlah rumah, flat, atau apartemen yang usia bangunannya masih muda (kurang dari 30 tahun) karena dindingnya sudah cukup bagus dalam menahan dingin dari luar dan menjaga kehangatan di dalam rumah. Dan yang paling penting, selalu pilih akomodasi yang jendelanya berkaca ganda (double glass). Tujuannya sama, demi kehangatan dalam ruangan. Saya pernah tinggal di rumah yang jendelanya berkaca tunggal.. Mau selama apapun pemanas ruangan dinyalakan, suhu dalam rumah tetap dingin, trust me!
     
  13. This last tip is special for those who live in a country where the traffic is on the right side. In Ireland, the traffic is on the left side. So, don't forget to look at your right first, and then your left every time you're crossing the road! hahahaha.. *no, seriously!

Cukup sekian tips yang bisa saya share di sini. Jika terpikir tips lain, saya akan update. So, welcome to Dublin!! :)


4 comments:

Unknown said...

Sharing dunk ttg job di irrlandiA ada g ea?? Via email pradamaulana@gmail.com

Agus said...

Salam kenal mbak Amalia, Bisa share tentang Irlandia, khususnya Dublin mbak? Insya Allah ada rencana melanjutkan kuliah di UCD Dublin..

ngasodulu said...

akhirnya nemu yg beginian soal Dublin. Agak susah ya nyari di google info ttg dublin dari orang Indonesia. Tks sharingnya btw.

ngasodulu said...

salam kenal mas agus. Saya juga ada rencana study di UCD. Dan dalam tahap crucial nyari beasiswa. If you don't mind to share anything about study at UCD please contact me via p.setiyoningrum@gmail.com